HD Minta PERWOSI Jadi Wadah Keberlangsungan Atlet Purna di Sumsel

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang-Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Provinsi Sumatera Selatan periode 2022-2026, Hj Fauziah Mawardi Yahya beserta pengurus di Ruang Tamu Gubernur, Senin (6/6/2022).

HD berharap PERWOSI dapat menjadi wadah bagi keberlangsungan atlet purna. "Terlalu banyak atlet purna yang tidak ada nilai di lapangan, ini lebih fokus pada keberlangsungan hidupnya yang harus diperhatikan," katanya.

HD berharap paling tidak PERWOSI dapat menjadi jembatan bagi atlet dan pembina olahraga agar atlet-atlet yang telah purna diberikan kelayakan hidup dilapangan pasca sudah tidak lagi menjalankan tugasnya sebagai atlet daerah ataupun nasional di Sumsel.

"Sebelum pengurus ini dilantik, saya ingin para atlet purna itu ada di kepengurusan supaya kita tahu keluhan dari atlet atau olahraga yang digeluti. Kepengurusan PERWOSI di kab/kota juga harus segera dilakukan aktivasi,"katanya.

Untuk itu, HD meminta agar kepengurusan PERWOSI kab/kota dapat dilantik sekaligus, baru nanti kemudian dilakukan pembinaan pada saat roadshow.

Ketua PERWOSI Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya didampingi Ketua Harian PERWOSI Sumsel, Ria Anindita katakan bahwa pihaknya telah melakukan serah terima pengurus dari yang lama daripada yang baru, dan pengurus sudah dibentuk dan di Surat Keputusan.

"Pengurus juga telah melakukan rapat perdana pada 26 februari lalu, dan rencananya akan malakukan pelantikan sebelum Bulan Juli mendatang,"ujarnya.

Lanjutnya, Ia mengatakan PERWOSI adalah organisasi wanita yang bertujuan agar wanita-wanita menjadi lebih sehat dan merupakan pendamping atlet wanita di KONI. Disamping itu, PERWOSI juga akan menyelenggarakan event olahraga massal dan akan mengadakan webinar tentang gizi dan pendampingan atlet wanita.

Turut hadir Kadispora, Rudi Irawan, Kadis PPPA, Henny Yulianti, S.IP, M.M., Karo Umum dan Perlengkapan Sumsel, Sandi Pahlevi, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sumsel, Rika Efianti. (rls)